UPT Kearsipan Unsoed menyelenggarakan Bimtek Pengelolaan Arsip Vital dan Arsip Terjaga untuk Arsiparis dan Pengelola Arsip. Hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan pembinaan kepada SDM yang ada di fakultas dan unit kerja untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya Arsip Vital adalah arsip yang keberadaannya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui, dan tidak tergantikan apabila rusak atau hilang.  Arsip vital merupakan arsip dinamis yang sangat penting dan mempunyai fungsi berkelanjutan baik sebelum, pada saat maupun setelah keadaan darurat, keberadaan arsip tersebut harus dilindungi dengan baik, karena arsip tersebut memberikan perlindungan hak dan kepentingan organisasi, pegawai, para pemimpin, dan masyarakat. Program Pengamanan Arsip Vital adalah suatu kegiatan melindungi arsip vital baik fisik maupun informasinya terhadap kemungkinan kehilangan dan kerusakan.

 

Sedangkan Arsip Terjaga adalah arsip negara yang berkaitan dengan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara yang harus dijaga keutuhan, kearnanan, dan keselarnatannya, dari kegiatan identifikasi, pemberkasan, pelaporan dan penyerahan Arsip Terjaga yang dilaksanakan oleh Pencipta Arsip. Pada dasarnya arsip terjaga termasuk dalam arsip tingkat satu yang merupakan arsip dinamis, dan tercipta dalam berbagai macam bentuk dan media yang tergantung dari fungsinya  Arsip Vital maupun arsip terjaga merupakan jenis arsip yang dinilai sangat penting dan esensial keberadaannya bagi perusahaan maupun instansi Negara, sehingga harus dikelola dengan baik. Dengan melihat hal ini, maka UPT Kearsipan merasa perlu untuk mengadakan Bimtek tersebut.

Bimtek dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2023, dengan mengundang narasumber dari Asosiasi Arsiparis Indonesia (Dr. Ir. Setyo Edy Susanto), bertempat di ruang Rapat UPT Kearsipan, dengan jumlah peserta 53 orang dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan serta Kepala Biro Umum dan Keuangan dalam acara Pembukaan. Materi disampaikan secara teori dan dilanjutkan dengan praktek,  sehingga peserta bisa memahami tentang pengelolaan arsip vital dan arsip terjaga dengan baik.